• PROFIL PERUSAHAAN


    Octagon Studio Ltd.

    Octagon Studio merupakan sebuah perusahaan  yang bergerak IT dan multimedia berbasis di Irlandia dan Indonesia yang mengkhususkan diri dalam memproduksi dan memberikan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) solusi dan produk untuk perangkat mobile dan dpt dipakai. Octagon Studio juga mengintegrasikan 360 fotografi, AR dan VR ke dalam aplikasi yang unik memanfaatkan kualitas mendalam dari realitas campuran. Octagon Studio muncul sebagai pecahan kreatif dari perusahaan induknya, Transport System Solutions (TSS) di tahun 2013. TSS yang membuat sistem sinyal untuk jalur kereta tidak punya urusan apa-apa dengan AR atau VR. Gambar dibawah ini merupakaan cikal bakal dari octagon.
                               

    Octagon Studio Ltd yang berbasis di Indonesia untuk sekarang hanya mempunyai satu kantor yaitu yang terletak di
 Jl. Prof. Dr. Surya Sumantri No. 91Majesty Office Building Block A5Bandung 40164,Jawa Barat, Indonesia. Octagon menawarkan konten VR mereka sendiri beserta dengan headset yang mereka bawa. Konten ini merupakan koleksi foto 360 derajat pemandangan dan situs bersejarah dari seluruh dunia. Sejauh ini, kebanyakan kontennya berasal dari tim Octagon itu sendiri. Kemudian mengeluarkan Headset VR yang kurang lebih mirip dengan Cardboard dari Google yang modelnya memang sederhana. Tapi, unit dari Octagon ini dibuat dari bahan yang lebih tahan lama. Kamu cuma perlu memasang handphone-mu ke layar untuk mendapatkan tampilan virtual reality. Selain itu perusahaan ini memperkenalkan daya tarik Augmented Reality untuk industri fashion melalui garis pakaian AR dan Wear 4D + aplikasi.
          
                          
    Begini cara kerja tim Octagon: pertama, mereka memfinalisasi konsep. Kemudian, ilustrator mereka akan membuat ilustrasi yang mendetail. Ilustrasi ini akan diubah menjadi model 3D oleh perancang 3D mereka. Prosesnya mirip dengan melukis di sebuah aplikasi edit gambar, hanya saja software yang digunakan bisa membuat gambar digital menjadi sebuah mode 3D yang mendetail. Model ini kemudian diserahkan kepada animator yang memasukkan gerakan dan juga suara ke model tersebut. Kemudian, semuanya akan disatukan ke aplikasi AR. Semua proses dan elemen tersebut, termasuk desain paket dan copywriting-nya, ditangani secara in-house. Tim perancang 3D-nya perlu waktu dua minggu untuk menyelesaikan model 3D. Selagi sebagian besar timnya mengerjakan set kartu AR yang baru, developer aplikasinya belajar memasukkan objek 3D, bukan gambar 2D.
                     

    Menurut pendapat saya,perusahaan Octagon studio Ltd. Merupaka sebuah perusahan yang bagus terbukti dengan Kesuksesan terbesar Octagon di bidang AR hingga saat ini adalah sebuah set flash card alfabet bertemakan hewan walaupun perusahaan ini masih minim seorang ahli AR dan VR karena para ahli ini sulit dicari.Selain itu produk dari perusahaan ini juga sangat membantu dalam bidang pendidikan,pemerintahan dan memberdayakan strategi pemasaran.

                         


    Referensi :
    https://www.octagonstudio.com/id/store
    https://id.techinasia.com/mengintip-kantor-startup-ar-bandung-octagon_studio



  • 0 komentar:

    Posting Komentar