• KOMPUTASI MODERN

    (Jurnal : Cloud Computing Issues and Benefits Modern Education)  


    Komputasi Modern merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah.  Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas.

    Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing. Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

    Cloud computing (komputasi awan) merupakan teknologi informasi yang telah berkembang pesat sejak tahun 2007 yang membawa perubahan baru untuk industri TI dan di bidang pendidikan. E-learning platform membawa konsep baru dari jenis informasi jaringan dan juga dikenal sebagai pembelajaran online untuk membimbing pendidikan. E-learning menekankan pada teknologi untuk mengubah dan panduan pendidikan. Sistem E-learning akan menggunakan Cloud computing (komputasi awan) yang memperkenalkan mekanisme skala efisien.

    Jenis Layanan Cloud Computing

    1. Infrastruktur cloud sebagai layanan bagi hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis yang disediakan.
    2. Sebagi platform dalam layanan dari jenis komputasi awan.Misalnya, jika  membutuhkan sistem email atau software database untuk bisnis, dapat menggunakan layanan komputasi pihak ketiga yang membuktikan email dan database yang solusi.
    3. Sebagai Aplikasi perangkat lunak.Jika hanya perlu menggunakan jenis tertentu dari perangkat lunak untuk mendapatkan output atau untuk melakukan analisis, maka jauh lebih murah untuk menggunakan layanan perangkat lunak dari penyedia layanan cloud daripada membeli, menginstal dan memelihara.


    E-Learning merupakan salah satu teknologi yang paling terkenal ditemukan untuk membuat cara tradisional pendidikan belajar lebih mudah dengan bantuan aplikasi perangkat lunak dan lingkungan belajar virtual. Kata -E‖ berarti cara elektronik belajar di E-Learning. Biasanya E-Learning bekerja dengan bantuan aplikasi perangkat lunak dan biasanya informasi tersebut ditransfer dengan bantuan internet, audio / video file dan satelit.

    Cloud computing (komputasi awan) berbasis e-learning

    Cloud computing (komputasi awan)  berbasis e-learning adalah sub divisi dari komputasi awan di dunia pendidikan untuk e-learning sistem. Ini adalah masa depan untuk e-learning teknologi dan infrastruktur. Komputasi berbasis e-learning memiliki semua ketentuan seperti perangkat keras dan perangkat lunak sumber daya untuk meningkatkan e-learning infrastruktur. Setelah materi pendidikan untuk sistem e-learning yang virtual di server cloud tersedia maka bahan ini tersedia untuk digunakan untuk. Cloud berbasis e-learning arsitektur dijelaskan pada gambar berikut :



    Pada Cloud berbasis e-learning arsitektur dibagi menjadi lima lapisan yaitu :
    1. Lapisan Sumber Daya Perangkat Keras
    2. Lapisan Sumber Daya Perangkat Lunak
    3. Lapisan Manajemen
    4. Lapisan Server
    5. Lapisan Aplikasi

    KESIMPULAN


    Pada jurnal ini membahas tentang komputasi modern dengan memanfaatkan teknologi cloud computing atau komputasi awan yang diterapkan pada dunia pendidikan sebagai media pembelajaran e-learning. Mengimplementasikan teknologi komputasi awan pada dunia pendidikan memiliki banyak keuntungan bagi pihak guru maupun bagi siswanya. Siswa dapat mengambil kursus online, menghadiri ujian online dan mengirim proyek, tugas mereka melalui online untuk guru dan berkomunikasi dengan guru melalui forum online. Dengan berkembangnya cloud computing maka perlu keamanan yang bagus untuk melindungi data dan privasi karena model komputasi tradisional berbeda dengankomputasi awan yang menggunakan teknologi komputasi virtual, data pribadi pengguna dapat tersebar di berbagai pusat data virtual daripada tinggal di lokasi fisik yang sama, bahkan melintasi batas-batas negara, pada saat ini, perlindungan privasi data yang akan menghadapi kontroversi dari sistem hukum yang berbeda. Maka untuk memajukan cloud computing atau komputasi awan, masyarakat harus mengambil langkah-langkah proaktif untuk memastikan keamanan dengan enkripsi data. Sebelum menyimpannya di lokasi virtual, mengenkripsi data dengan kunci sendiri dan memastikan bahwa vendor siap sertifikasi keamanan dan audit eksternal. Manajemen identitas, akses kontrol, pelaporan insiden keamanan, personil dan manajemen lapisan fisik harus dievaluasi. Dan kita harus meminimalkan informasi pribadi yang dikirim ke dan disimpan di cloud.  Admin harus memaksimalkan kontrol pengguna.


    Link Jurnal : Klik Disini





  • 0 komentar:

    Posting Komentar