• HCI dan Text Analisis

    1. HCI (Human Computer Interaction)



    HCI adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan,evaluasi dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

    Di waktu ini kita sedang memberikan perintah kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya hingga pekerjaan kita selesai. Peran utama dari HCI adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien.Model interaksi antara manusia dengan sistem melibatkan tiga komponen, yaitu pengguna, interaksi dan sistem itu sendiri.



    Kunci utama HCI adalah daya guna  (usability), yang berarti bahwa suatu sistem harus mudah digunakan, memberi keamanan kepada pengguna, mudah dipelajari dan sebagainya.


    Definisi dari interaksi manusia dan komputer adalah sebagai berikut

    • Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan yang dilalui pengguna dalam memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
    • Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
    • Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.


    2. Text Analisis

    Task Analysis merupakan suatu metode empiris untuk menghasilkan model yang lengkap dan jelas dari suatu task, dan bagaimana cara manusia mengerjakan task-task tersebut serta dapat mempertanggung jawabkan atas pekerjaanya, dan dapat menjelaskan apa saja yang dilakukan serta peralatan-peralatan yang digunakan.

    Jadi text analisis merupakan sebuah proses menganalisa tentang suatu cara dalam mengerjakan atau menyelesaikan sebuah tugas dari suatu sistem.Suatu text analisis berguna untuk mengambil suatu keputusan dan mengevaluasi suatu sistem.



    Text moodeling

    Euturpe merupakan salah satu tool yang dapat digunakan untuk membantu sebuah proses analisis taks.Teori yang mendasarkan ini adalah berbasis GTA.


    GOMS(Goals, Operators, Methods and Selections)

          Definisi dari GOMS


    • Goal : Goal apa yang ingin dicapai oleh user.
    • Operator : Level terendah analisa, tindakan dasar yang harus dilakukan user dalam menggunakan system.
    • Methods: Ada beberapa cara yang dilakukan dimana memisahkan kedalam beberapa subgoals.Contoh: Pada window manager, perintah CLOSE dapat dilakukan dengan menggunakan popup menu atau hotkey.
    • Selection : Pilihan terhadap metode yang ada.


    CCT (Cognitive Complexity Theory)

          Definisi dari CTT


    • CCT dimulai dengan premis dasar dekomposisi goal dari GOMS dan menyempurnakan model untuk menghasilkan kekuatan yang lebih terprediksi.
    • Deskripsi goal user berdasarkan hirarki goal mirip-GOMS, tetapi diekspresikan terutama menggunakan production rules yang merupakan urutan rules.
    • Rule dalam CCT dapat digunakan untuk menerangkan fenomena error, tetapi tidak dapat memprediksi.Contoh: rule untuk menginsert space tidak mengecek modus editor yang digunakan.
    • Semakin banyak production rules dalam CCT semakin sulit suatu interface untuk dipelajari.

          Suatu masalah atau problem pada CCT diantarnya yaitu :


    • Semakin detail deskripsinya, size deskripsi dapat menjadi sangat besar.
    • Pemilihan notasi yang digunakan.
    • CCT adalah engineering tool dengan pengukuran singkat learnability dan difficulty digabung dengan dekripsi detail dari user behaviour.

    TAG (Task-Action Grammar)

    Task-Action Grammar (TAG) mengabaikan struktur konsistensi bahasa dan hanya menggunakan command name dan letter, sedang TAG lebih menekankan pada Consistency Consistency dan untuk menyimpan pengetahuan dengan menambahkan bentuk khusus known-item yang digunakan untuk menginformasikan ke user bahwa input telah diketahui secara umum dan tidak perlu dipelajari. Dibuat lebih jelas dengan parameter aturan tata bahasa sedangkan non terminal dimodifikasi agar dapat menampung fitur-fitur sematik tambahan.


    Hierarchical Task Analysis (HTA)

    Hierarchical Task Analysis (HTA) adalah metode yang ekonomis dalam pengumpulan dan pengorganisasian informasi karena analis hanya perlu mengembangkan bagian dari hirarki yang dibutuhkan dan memungkinkan analis memfokuskan diri pada aspek penting task dalam konteks keseluruhan task.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar