• Dampak Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Terhadap Bidang Informatika

    Apa itu MEA??


    ASEAN Economic Community (AEC) atau di sebut juga Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan realisasi tujuan akhir dari integrasi ekonomi yang tertuang dalam Visi 2020, dan didasarkan pada konvergensi kepentingan negara anggota ASEAN untuk memperluas integrasi ekonomi melalui inisiatif yang ada. Komunitas ini akan membentuk ASEAN sebagai pasar global dan basis produksi tunggal membuat kawasan ASEAN lebih dinamis dengan mekanisme serta upaya untuk memperkuat pelaksanaan baru yang ada inisiatif ekonomi, memfasilitasi pergerakan bisnis,  melakukan percepatan integrasi regional di sektor-sektor prioritas, tenaga kerja terampil dan bakat dan memperkuat kelembagaan mekanisme ASEAN. 

    Dampak terhadap Informatika

    Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang sebentar lagi akan diberlakukan memberi dampak terhadap perkembangan teknologi informasi di Indonesia, karena industri teknologi informasi merupaka salah satu prioritas implementasi MEA 2015. Dengan meningkatnya pasar global di kawasan asean dan kegiatan Bisnis maka di perlukan sebuah perkembangan teknologi. Sebuah teknologi informasi dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk penyebaran tentang informasi apa yang harus di sampaikan dan sebagi wadah promosi sebuah perusahaan. Selain itu juga pembenahan sistem basis data dan pelayanan publik harus dilakukan terutama menghadapi pemberlakuan MEA 2015.

    Dengan perbaikan sebuah sistem yang tepat sangat berpengaruh terhadap daya saing produk hasil sebuah perusahaan. Karena di era sekarang sangat susah melakukan semua kegiatan dilakukan secara manual semua serba cepat maka dari itu di perlukan sebuah sistem yang mampu membuat segala proses kerja lebih cepat.

    Dengan adanya prasar global maka persaingan pasar tidak hanya dalah negri saja maka bisa di bayangkan jika sebuah perusahaan tanpa sebuah sistem  atau teknologi yang memadai maka akan susah menghadapi pasar global ini.

    Kesimpulan

    Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean bidang teknologi informasi sangat berperan penting. Dengan perbaikan sistem yang sesuai maka akan mempermudah semua kegiatan MEA.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar