• Aplikasi Cloud Computing Dan Cara Kerja dari Cloud



    Cloud computing (komputasi awan) merupakan teknologi informasi yang telah berkembang pesat sejak tahun 2007 yang membawa perubahan baru untuk industri TI. Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

    Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.


    Keuntungan dari Cloud Computing :

    • Update (Dengan cloud, semua software akan terupdate secara otomatis).
    • Efesien ( Dapat bekerja dari mana saja).
    • Instalasi yang mudah.
    • Mengurangi Biaya
    • Waktu respon yang lebih cepat.
    • Data Aman saat terjadi bencana alam.

              Cara Kerja Cloud computing

    Mekanisme akses ke cloud computing dapat dijalankan secara beraneka ragam  mulai dari akses standar LAN maupun intranet dengan sedikit aplikasi agen atau klien, sampai kepada akses extranet dan internet melalui browser yang terhubung ke sebuah portal aplikasi dari penyedia layanan cloud computing. Protokol aplikasi yang digunakan pun dapat beragam, tetapi hal ini tidaklah terlalu signifikan bila dilihat dari sisi pengguna akhir , dimana pengguna akhir cukup mengetahui bagaimana cara mengakses dan mempergunakan jasa layanan yang terdapat pada Cloud computing.

            Aplikasi yang Menggunakan Konsep Cloud Computing :
    1. Dropbox - Dropbox merupakan aplikasi berbasis cloud yang dapat berjalan di computer maupun handphone. Aplikasi ini cukup mudah di gunakan, setelah kita register di situsnya. Setelah itu kita hanya perlu meng upload file kita pada dropbox dan akan otomatis tersinkronisasi dengan perangkat yang kita gunakan. Kita dapat menikmati layanan ini gratis untuk 2GB.
    2. Google Drive - Google Drive adalah tempat aman untuk semua file Anda dan membuatnya mudah dijangkau dari ponsel cerdas, tablet, atau komputer mana pun. File dalam Drive – seperti video, foto, dan dokumen – dicadangkan dengan aman hingga tidak akan hilang.
    3. Apple Icloud - Layanan ini otomatis kita dapatkan jika kita menggunakan semua produk Apple. Dengan menggunakan iCloud kita dapat sinkronisasi file-file kita yang berada di komputer (iMac, Macbook, dll) ke mobile kita(iPhone, iPad, dan iPod). Jika anda membeli musik dan film dari iTunes, maka file-file tersebut akan tersinkronisasi secara langsung ke iCloud. Sehingga kita dapat menikmatinya dari mana saja.
    4. Amazon Cloud Drive - Layanan penyimpanan online yang memungkinkan pengguna mengunggah dan mengakses musik, video, dokumen dan foto dari perangkat yang tersambung ke Web. Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming musik ke perangkat , seperti komputer , tablet atau smartphone . 

      Link : Sumber 1Sumber 2














  • 0 komentar:

    Posting Komentar