• Media Sosial Renren

    Di tengah-tengah kemajuan ekonomi China dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, tentu saja moderenitas juga tidak dapat terhindarkan,salah satunya adalah media sosial. Jika di AS terdapat sebuah media sosial facebook yang banyak digunakan oleh seluruh masyaraka di dunia namun di china terdapat sebuah media sosial Renren.

    Apa itu Renren? Bisa di bilang Renren merupakan kloning dari Facebook atau bisa di sebut juga facebooknya china karena sangat mirip dengan media sosial facebook mulai dari arsitektur halaman, desain layout, hingga warnanya (biru-putih), Meskipun demikian  ada suatu perbedaan yang signifikan dari situs jejaring sosial AS Facebook dan jejaring sosial China. Situs China didukung permainan sosial menggunakan item virtual,bahkan game Farmville yang popular di Facebook juga berasal dari China dan hampir semua tulisan dimedia sosial Renren menggunakan huruf mandarin. 

    Renren didirikan oleh Joseph Chen pada tahun 2005. Chen, lulusan dari University of Delaware, Stanford Business School dan MIT, Joseph Chen adalah pimpinan dan CEO-nya. Renren dipergunakan oleh hampir semua masyarakat di china terutama yang menyasar kalangan pelajar dan mahasiswa.

    Masyarakat China lebih agresif dan aktif berkomunikasi di Renren dibandingkan pengguna facebook dari negara lain. Mulai dari pekerja yang menggunakan komputer dan para pelajar yang selalu berinteraksi di sosial media (Renren)sepanjang hari. Penggunaan Renren sama seperti facebook mulai dari Update status, berkomentar, like, dan share kegiatan yang sedang di lakukan.

    Untuk pertumbuhan jumlah pengguna media sosial Renren sama seperti Facebook, pertumbuhan jumlah pengguna Renren sangat pesat. Renren mengklaim pengguna media sosial ini sekitar 250 juta pengguna. 

    Sebuah hasil penelitian pernah dipublikasikan oleh Netpop (San Francisco). Penelitian itu menunjukkan, sosial media dua kali lebih besar pengaruhnya terhadap keputusan membeli pengguna internet di China dibandingkan situs lainnya. Banyak brand kenamaan dunia (Apple, BMW, Estee Lauder, Lay's, dan lain-lain) lebih memilih memasang iklan di Renren daripada di Facebook maupun Twitter.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar