• Tanggung Jawab Sosial Perusahaan



    Apa itu tanggung jawab sosial perusahaan? tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, masyarakat dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

    1. Tanggung jawab social perusahaan terhada konsumen.

      Dalam bidang  industry dan perdagangan konsumen adalah raja jadi jika suatu perusahaan inging sukses menjual produknya meraka harus memberikan pelayana yang baik terhadap konsumennya seperti memberikan garansi terhadap suatu produk yang di jual, memberikan kualitas barang yang baik terhadap konsumen (tidak ada unsur penipuan) dan masih banyak hal positife yang bisa di berikan suatu perusahaan terhadap konsumennya.
    2. Tanggung jawab social perusahaan terhada karyawan.

      Sebuah perusahaan harus bertanggung jawab dan memerlakukan karyawan-karyawannya dengan baik sesuai hak mereka. Salah satu contoh tanggung jawab perusahaan terhadap kayawanya yaitu seperti memberikan asuransi kesehata, memberikan gaji sesuai jam kerja dan inflasi di Negara tersebut dan lain lainnya.
    3. Tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat

      Selain tanggung jawab kepada konsumen dan karyawan sebuah perusahaan harus juga bertanggung jawab terhadap masyarakat di daerah sekitar.
    Ini adalah beberapa contoh nyata tanggung jawab social perusahaan di Indonesia :

    • PT. Djarum
      Tanggung jawab sosial seperti yang dilakukan oleh salah satu perusahaan di Indonesia (PT.Djarum) yaitu dengan mendirikan sebuah foundation yang menangani masalah pendidikan, olahraga, dan lain sebagainya.

    • PT. Inalum
      Tanggung jawab social terhadap masyarakat yang dilakukan oleh PT. Inalum adalah dengan cara pemberdayaan masyarakat sekitar (memberikan pelatihan keterampilan  seperti menyablon,menjahit,bordir,mengelas dan lain sebgainya),  Membangun fasilitas umum seperiti jalan raya, memberikan bantuan social kepada masrakat, membangun fasilitas olah raga.

      Perusahaan-perusahaan berikut adalah beberap contoh dari perusahaan yang ada di Indonesia yang melakukan tanggung jawab social terhada masyarakat.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar